Tips Menghitung Kebutuhan Bahan Kaos Distro


Ada beberapa macam jenis dan ukuran kaos, kali ini belajar clothing akan membahas mengenai bahan untuk kaos distro. Bahan cotton combed merupakan standar bahan yang dipakai untuk kaos distro, tidak hanya kaos distro, kaos komunitas juga banyak yang memakai bahan ini (serasa combed tuh bahan pasaran ya...heuheu). Bahan cotton combed dipilih sebagai standar bahan yang dipakai untuk clothing karena bahan ini 100% terbuat dari benang katun, selain itu juga karakteristik dari bahan ini lebih dingin, menyerap keringat.


Bahan cotton combed dipecah lagi menjadi beberapa pilihan gramasi. Apa itu gramasi? (coba googling aja sob..heuheu). Gramasi bahan kain cotton combed meliputi 20's, 24's, 30's, 32's, 40's, semakin kecil angka dibelakang 's menandakan bahan tersebut lebih tebal dan sebaliknya semakin besar angka dibelakang 's berarti spesifikasi bahan lebih tipis. Dengan kata lain gini sob, semakin kecil angka dibelakang 's maka semakin tebal maka akan mempengaruhi panjang/pendek dari bahan tersebut, paham? gak? sama....heuheuheu...

tips-cara-menghitung-kebutuhan-bahan-kaos

Okay, belajar clothing kali ini akan berbagi tips menghitung kebutuhan bahan kaos untuk clothing kalian yang mungkin bisa dijadiin patokan dalam berbelanja bahan, tips menghitung kebutuhan bahan kaos, sebagai berikut : (contoh yang dipake yaitu bahan cotton combed 24's dan 30's, karena salesnya paling kenceng sob).
  • Bahan kaos cotton combed 24's, spesifikasi sebagai berikut : Gramasi 170-180 g//m2, single knit single jersey. Lebar biasanya 40"(100 cm) setting bahan cilcular (seperti sarung). Dalam 1 kg panjang kisaran 2,8 - 2,9 meter. 1 kg bisa untuk 4 kaos dewasa lengan pendek (tergantung mau pake size local/internasional). 1 kg ketika dilipat jadi 2 maka cukup untuk 2 badan.
  • Bahan kaos cotton combed 30's, spefikasi 140 - 150 g/m2, single knit single jersey, lebar 36"(90 cm) setting seperti sarung. Panjang dalam 1 kg kain 3,4 - 3,5 meter. 1 kg bahan bisa untuk 5 kaos lengan pendek. 
Tips berikutnya ketika akan membeli/berbelanja bahan yaitu dengan melebihi 1-2 meter dalam setiap pembelian, ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan bahan, syukur-syukur bisa kelebihan, bisa dijadiin kaos lagi, lalu dijual, dapat uang, lalu diputer lagi semacam kayak roda becak..heuheu..

Sekian tips dari belajar clothing tentang cara menghitung kebutuhan bahan kaos, semoga bermanfaat..#panjangumurtukangsablon.

Artikel Terkait

Tips Menghitung Kebutuhan Bahan Kaos Distro
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email