Mengenal Tinta Rubber

RUBBER INK (Waterbased/Tinta Berbasis Air)

Tinta waterbased/basis air merupakan tinta yang berbahan dasar air. Selain murah dan mudah aplikasinya, proses pengeringan tinta ini tidak menggunakan peralatan pengeringan yang mahal, cukup memakai dryer. Sehingga mampu menekan biaya operasional untuk proses produksi sobat #ClothingAddicts. 

Aa' belajar clothing akan membahas mengenai kelebihan yang dihasilkan oleh tinta ini diantaranya tinta ini dapat menyerap ke serat kain, yang menghasilkan cetakan lembut saat disentuh/soft hand feel. Tinta waterbased ini juga dapat dicetak diatas kain topi, jaket, jeans, dan sebagainya. Proses pengeringan jika menggunakan tinta jenis ini sangat mudah, cukup dengan dryer atau dijemur diterik matahari.

macam-tinta-pasta-karet-rubber

Proses finishing mencetak dengan tinta ini bisa dilakukan dengan melakukan press menggunakan mesin heat press dengan suhu 150 derajat celcius dengan waktu 10 detik. Pada dasarnya jenis tinta ini ada 3 macam jenis, yaitu

  1. Rubber White. Tinta jenis rubber white biasanya digunakan untuk mencetak di atas kain gelap. Tinta ini pekat sehingga dapat menutup warna kain dengan baik.  Selain itu, tinta ini juga bisa digunakansebagai penutup warna kain sebelum dicetak menggunakan tinta berwarna terang atau yang biasa disebut dengan underbase 
  2. Rubber Mat / Semi. Tinta rubber mat digunakan untuk dicampur dengan pewarna/pigmen pewarna langsung, baik untuk warna muda ataupun warna tua. Sesuai dengan sebutannya, tinta rubber mat memliki campuran titanium yang lebih sedikit dibanding dengan rubber white. Titanium disini dimaksudkan agar tinta memiliki kepekatan yang baik untuk menutup pori-pori kain.
  3. Rubber Clear/transparant. Tinta ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai underbase dan top coat. Penggunaan tinta rubber clear sebagai underbase memiliki beberapa alasan : 
    • Apabila digunakan sebagai underbase clear dan apabila terjadi misprint atau meleset, hal tersebut tidak akan terlihat atau sesuai dengan karakter tinta tersebut (transparan). Hal ini akan berbeda dengan underbase rubber white.
    • Apabila hasil cetakan menghasilkan bintik-bintik putih, rubber clear dapat digunakan untuk menutupi hasil cetakan yang kurang sempurna tersebut.
    • Rubber clear/transparan tidak mengandung titanium powder sehingga hasil cetakan awal akan lebih rata atau halus sehingga akan mempengaruhi hasil cetakan diatasnya.
Sudah pahamkah belajar clothing kali ini? Jadi itulah beberapa macam dari tinta rubber yaitu tinta berbasir air, semoga bermanfaat ya #ClothingAddicts, tunggu sharing tips dan trik clothing selanjutnya...Yuk majukan industri kreatif Endonesa...


Artikel Terkait

Mengenal Tinta Rubber
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email