LPI, Halftone dan Obat Afdruk

Sekedar sharing tentang lpi, halftone dan obat afdruk. Percaya atau tidak, rekan-rekan kerja saya di Parental selalu berhasil afdruk 110lpi menggunakan Super X dan lampu TL saat masih senang iseng2 di jaman dulu. Dan ternyata lpi berapa pun memang bisa diafdruk oleh obat afdruk apapun. Namun detail apakah yang harus diperhatikan oleh seorang Artist Sablon dalam menjalankan seni cetak saring yang baik?

Nah, menurut beberapa referensi, tingkat kepekatan hitam pada sebuah Halftone lah yang menjadi parameter tingkat kesulitan sebuah filem utk di afdruk. Tingkat kepekatan hitam yang dimaksud adalah persentase hitam yang menentukan besar kecilnya sebuah titik ruster.



Para pengguna Corel Draw pasti menyadari, bahwa nama warna abu-abu selalu menggunakan persentase kepekatan hitam, seperti 80%Black untuk abu tua, 30% Black untuk abu terang dan sebagainya. Tingkat kepekatan hitam ini (atau yang juga dikenal dengan halftone tints) yang menentukan besar atau kecilnya ukuran titik halftone pada sebuah filem. 

Line per inch yang menentukan jumlah halftone per inchi.


Jadi apabila kita print kalkir dengan kotak warna abu2 tua (atau Black 80%) pada 60 lpi, filem yang akan nampak adalah kotak hitam dengan titik2 putih kecil sejumlah 60 titik per inchi. 

Apabila kita bikin kotak abu terang maka titik yang ada justru berwarna hitam, dan gambar di dominasi oleh bagian kertas putih.


Nah... hal yang paling susah untuk di afdruk, dan juga menjadi tolak ukur pengafdrukan yang baik adalah hasil afdrukan pada black 95%,90%, 85% dan 80% (abu tua) dan hasil afdrukan pada black 20%,10%, 6% dan 4% (abu muda).

Pengafdrukan yang baik adalah masih terdapat titik2 putih (kain) yang cukup jelas pada 80%black dan titik hitam (cat) pada ruster 10%black jika menyablon pake cat plastisol hitam pada kain putih di 55lpi contohnya. Screenprinting artist yang menurut saya jago, apabila saya sedang nge'test rekan kerja, adalah yang dapat mempertahankan ruster hitam 6% dan titik2 putih pada hitam 90%.

Ruster 4% biasanya banyak yang hilang akibat dot loss dimana lubang terlalu kecil untuk cat bisa turun, atau obat afdruk yang tidak kesemprot, dan 95%hitam biasanya akan nampak seperti Block Hitam Solid akibat Dot gain dari tinta yang mengembang akibat sifatnya yang cair atau obat afdruk yang jebol saat penyemprotan karena terlampau tipis untuk mengikat pada serat monyl.

Angka 70 lpi yang memang lebih sulit untuk diafdruk dibanding angka yang dianjurkan (55lpi utk plastisol, 33lpi untuk GL) karena ukuran titik ruster ukuran 1/2 mm sudah cukup untuk membentuk 100%Black (hitam solid) pada 70 lpi, sedangkan pada 33lpi, titik ukuran 1/2 mm adalah ukuran ruster pada 70%black yang masih jelas nampak dan mudah untuk diafdruk.

Jika ada yang nanya hasil akhir dan lpi yang menjadi pilihan saya untuk menyablon, standard lpi yang saya gunakan hingga saat ini maximal adalah 60lpi untuk plastisol. Karena 110 lpi yang saya pernah coba jaman dulu hasilnya bagaikan Pasfoto yang kita perbanyak make mesin Fotokopi. Bisa di afdruk? Jelas bisa! Apakah masih kelihatan seperti muka? Jelas masih kelihatan... tapi abu tua jadi hitam, abu muda ya jadi putih... singkat kata BUTUT PISAN . Semoga bermanfaat dan tidak pusing. hahaha...

Ingin Pakaian Awet? Pahami Simbol Ini..

SIMBOL PERAWATAN PAKAIAN

Seberapa penting perawatan pakaian menurut kalian? Kalau kalian punya produk pakaian, entah itu kaos, kemeja, celana, dan lain sebagainya, biasanya akan ada label. Label dalam sebuah kaos misalnya, ada beberapa macam yaitu label nama clothing, size, dan label pemeliharaan kaos tersebut. Belajar clothing kali ini akan sedikit memberikan penjelasan mengenai simbol-simbol perawatan pakaian, kenapa penting? Label ini penting sekali, biasanya label pemeliharaan pakaian akan terdapat simbol-simbol yang perlu dipahami agar pakaian kalian juga awet dan tahan lama.

Setiap produk clothing ada beberapa macam pilihan sebut saja kaos, polo-shirt, hoodie, kemeja, denim, dan lain sebagainya. Macam-macam produk tersebut tentu memiliki karakteristik material berbeda-beda sehingga dibutuhkan perlakuan khusus untuk merawatnya, betul gak sob #ClothingAddicts? Simbol-simbol pada label tadi biasanya ada beberapa keterangan singkat yang sedikit menjelaskan arti simbol tersebut.
black-satin-label-belajar-clothing

white-satin-label-belajar-clothing

Instruksi simbol-simbol pemeliharaan pada pakaian biasanya terdapat 6 pengelompokan yaitu pencucian, pemutih, pengeringan, pemerasan, penyetrikaan, dan cuci kering. Yuk, pahami simbol-simbol perawatan pakaian kalian :

simbol-perawatan-pakaian-belajar-clothing

Simbol-simbol perawatan pakaian diatas perlu kalian perhatikan supaya pakaian kalian bisa awet dan tahan lama. Buat kalian yang pengen tau cara merawat kaos distro kesayangan, kalian bisa cek di artikel ini. Semoga artikel belajar clothing diatas bisa bermanfaat dan semoga membantu.


Free Download Ebook Sablon Kaos Manual

Download Ebook Panduan Sablon Kaos Manual

Ebook belajar clothing ini berisi tentang panduan umum sablon kaos manual mulai dari tahap pracetak yaitu pembuatan desain sampai dengan cara mencetak menggunakan teknik sablon secara manual. Apabila sobat #ClothingAddicts ingin mencoba bikin kaos sendiri, ebook ini cocok untuk buku saku kalian. Ebook panduan sablon kaos manual bisa kalian peroleh secara cuma-cuma dengan mengunduh ebook pada link dibawah ini

free-download-ebook-panduan-sablon-kaos-manual



Yuk Belajar Bisnis Clothing

Meraup Puluhan Juta Melalui Bisnis Clothing

Salah satu latar belakang yang mendasari dibuatnya blog belajar clothing ini yaitu kesuksesan orang meraup puluhan juta melalui bisnis clothing. Alasan klasik mereka memilih bisnis clothing yaitu karena setiap orang membutuhkan pakaian. Tidak hanya itu, saat ini pakaian tidak hanya digunakan sepagai penutup badan/tubuh saja, akan tetapi pakaian sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup orang mengexpresikan diri mereka kepada orang lain.

Vendor clothing berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam bidang mereka. Setiap vendor harus mengetahui keinginan pasar akan kebutuhan pakaian/baju, mulai dari bahan  baku sampai dengan cara pemasaran kreatif untuk mendatangkan banyak pelanggan harus  mereka pahami untuk menjaga konsistensinya dalam bisnis clothing ini.



belajar-bisnis-clothing

Pada umumnya bisnis clothing sendiri tidak membutuhkan modal yang cukup besar alias bisa diatur sesuai kebutuhan kantong, dan bahkan bisnis clothing bisa dimulai tanpa mengeluarkan uang sepeserpun atau tanpa modal. Cara pemasaran bisnis clothing sendiri cukup bervariasi bisa dengan menitipkan ke distro terdekat dengan cara konsinyasi atau beli putus. Cara penjualan lain produk clothing yaitu dengan memanfaatkan sosial media seperti twitter, facebook, kaskus, yukbisnis, dan lain sebagainya.

Blog ini dibuat sebagai sarana informasi bagi setiap orang yang ingin memiliki bisnis clothing sendiri. Informasi cara produksi dan bahan baku yang dipergunakan terdapat pada blog ini. Untuk memudahkan bagi pelaku bisnis clothing sendiri blog ini menyediakan free layanan konsultasi mengenai bisnis clothing yang dapat di akses melalui  kontak blog dan kontak via sosial media. Tujuan utama dibuatnya blog ini ingin menciptakan pengusaha-pengusaha muda kreatif yang mampu bersaing secara positif untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Salam hangat,
Aa' @BelajarClothing
"Smart had one good idea and that idea was stupid."

5 Tahap Pembuatan Logo Profesional

5 Tahap Pembuatan Logo

Artikel baru dari belajar clothing yaitu mengenai LOGO. Dalam pembuatan sebuah logo ada beberapa tahapan yang dilalui oleh seorang desainer grafis untuk menciptakan sebuah logo profesional. Tahapan ini harus dilalui satu demi satu untuk menghasilkan sebuah logo yang merepresentasikan dan identitas perusahaan tersebut. Mulai warna sampai dengan bentuk dari logo tersebut harus dipahami oleh seorang desainer logo profesional. Perbandingan waktu yang dibutuhkan oleh seorang desainer grafis dalam membuat logo profesional dan UKM (Usaha Kecil Milyaran) adalah 4:1 yang artinya sebuah logo profesional membutuhkan kurang lebih 1 bulan dan logo untuk UKM membutuhkan waktu 7 hari atau kurang.

5-tahap-buat-logo-belajar-clothing

Lalu, bagaimana cara seorang desainer grafis menciptakan sebuah logo profesional secara efektif dan efisien? Berikut akan aa' jelaskan 5 tahap pembuatan logo profesional :

1. Brief
Sebelum membuat sebuah logo profesional seorang desainer grafis harus memahami beberapa  informasi mengenai klien perusahaan kalian. Ada beberapa pertanyaan yang harus didapat oleh seorang desainer logo profesional, yaitu :
- Jenis perusahaan bergerak dibidang apa?
- Siapakah target pasar perusahaan tersebut?
- Bagaimana posisi perusahaan dalam pasar?
- Berapa budget yang disediakan untuk pembuatan logo tersebut?
- Berapa lama target penyelesaian pembuatan logo tersebut? 
2. Riset
Merupakan gambaran umum mengenai visualisasi konsep yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Ada 2 cara untuk melakukan riset pasar logo, yaitu dengan bertanya secara langsung kepada klien atau informan dari perusahaan dan riset melalui internet dengan mencari beberapa masukan logo dari kompetitor perusahaan tersebut. Terdapat beberapa sumber referensi yang bisa kalian gunakan sebagai pedoman dalam pembuatan logo, yaitu :
- Logopond
- Logofaves
- Logospire
- Creatticca
- LogoInspirations 

3. Membuat konsep
Konsep yang ditawarkan oleh beberapa desainer grafis pada umumnya berbeda-beda. Pembuatan logo profesional pada umumnya dimulai dari sketsa tangan yang kemudian diolah dan difinishing pada software atau aplikasi grafis secara digital. Proses ini harus membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena kreatifitas desainer akan diuji dalam pembuatan sketsa tersebut. Untuk mempersingkat waktu pembuatan logo, seorang desainer akan mendiskusikan beberapa hal kepada klien yang meliputi :
- Referensi logo yang disukai
- Memberikan pertanyaan arahan mengenai perubahan logo
- Memberikan 1-2 logo alternatif dengan konsep yang jelas atau berbeda

4. Analisa logo
Sebelum mempresentasikan logo profesional, seorang desainer logo akan menganalisa terlebih dahulu mengenai hasil karya logo tersebut. Desainer grafis juga manusia, hasil karyanya juga ada sisi kekurangan. Feedback dan review sangat penting diperlukan untuk mengukur kesesuaian antara hasil logo dan harapan klien. Selalu terbuka terhadap perubahan dan sesekali mendengar saran dari klien jika diperlukan 

5. Presentasi
Tahap terakhir yaitu mempresentasikan hasil pembuatan logo. Ada beberapa pertimbangan sebelum mempresentasikan logo, yaitu :
- Penjelasan mengenai konsep dasar logo
- Gunakan beberapa mock-up untuk memvisualisasikan logo misal : flyer, t-shirt, goodie bag, dan sebagainya

Demikian 5 tahapan yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat logo profesional, kelima tahapan diatas bisa dipergunakan sebagai dasar standar proses pembuatan logo. Hal yang terpenting yaitu dalam proses tersebut tidak ada salah satu pihak yang dirugikan, karena jasa pembuatan logo desain grafis lebih bersifat win-win-solution. Silahkan membuka artikel berikut untuk mengetahui trend logo tahun 2014. Semoga artikel belajar clothing diatas bisa bermanfaat dan semoga membantu.



Trend Logo Tahun 2014

Belajar clothing kali ini membahas tentang teknik pembuatan logo. Pertanyaan aa', seberapa pentingkah sebuah logo bagi bisnis kalian? Begitu pentingnya logo bagi perusahaan, membuat aa' belajar clothing ingin membahas mengenai logo.

Logo yang baik akan merepresentasikan bisnis sekaligus menjadi identitas dari startup bisnis tersebut. Kekuatan logo ada warna, komposisi, struktur, konsep. Pastikan logo tersebut TETAP mempunyai power di background apa pun.

Berikut ini adalah tren gaya pembuatan logo yang dijadikan patokan para designer logo pada tahun 2014 yang dikutip dari http://mediabisnisonline.com :

1. Native Space. Pembuatannya menggunakan gaya negative space, tanpa tambahan ornamen yg kompleks logo ini tetap terlihat indah.
teknik-logo-native-space-belajar-clothing

2. Line Art. Style desain ini menciptakan bentuk logo yg terlihat bersih, karena logo dibuat hanya dengan garis garis pen tool.
teknik-logo-line-art-belajar-clothing

3. Dynamic Letterpress. Aliran dynamic letterpress ini merupakan teknik yang memberikan efek kedalaman dan menciptakan shading pada logo.
teknik-logo-dynamic-letterpress-belajar-clothing

4. Impossible Shape. Teknik ini membuat bentuk logo akan telihat tidak mungkin jika diwujudkan dalam dunia nyata.
teknik-logo-impossible-shape-belajar-clothing

5. Gradient Mesh Technique. Teknik  gradient mesh dapat menciptakan logo yang kaya akan warna.
teknik-logo-gradient-mesh-technique-belajar-clothing

6. Dual Impact. Gaya teknik membuat logo ini akan terlihat memiliki 2 bentuk, yang sebenarnya juga dibuat menggunakan teknik negative space.
teknik-logo-Dual-impact-belajar-clothing

7. Geometric Abstrac Polygon.

teknik-logo-Geometric-abstract-polygon-belajar-clothing

8. 3D in 2D. Teknik ini mengaplikasikan teknik 3D yang disatukan dalam gambar 2D
teknik-logo-3d-in-2d-belajar-clothing

9. Overlap Technique. Dalam aliran teknik pembuatan logo ini, ada lebih dari 2 elemen dalam logo yang posisinya saling tumpang tindih sehingga menjadikannya satu bentuk logo utuh.
teknik-logo-overlap-technique-belajar-clothing

10. Using Blends. Tekniknya hampir sama dengan logo dengan gaya line art, hanya saja pada kasus logo ini ada beberapa garis yang secara bersamaan digabung menjadi bentuk logo yang utuh.
teknik-logo-usign-blends-belajar-clothing


Cara Mengenal Karakter Seseorang Lewat Warna Kaos

Yak, muncul lagi nih artikel baru belajar clothing, tentang apa lagi itu a'? Kali ini aa' ngga membahas tentang sablon, tapi lebih ke karakter seseorang (aa' bukan dukun loh ya). Karakter seseorang atau kepribadian seseorang bisa dilihat hanya dengan melihat warna kaos yang dipakai, percaya gak? Harus percaya...Makanya aa' bikin artikel ini.

Tujuannya biar buat #ClothingAddict yang lagi pedekate ama gebetannya, bisa buat si doi lebih kesengsem karena kamu bisa baca karakter dan kepribadian si doi. Yuk, kita maulai cara mengenal karakter dan kepribadiaan seseorang dari warna kaos yang dipakai..

cara-mengetahui-karakter-melalui-warna-kaos

  1. Merah. Warna ini biasanya adalah simbol dominasi, gairah, dan sensualitas. Warna ini menegaskan sifat kepemimpinan. Kalo doi pake kaos warna ini biasanya doi itu karakternya ingin tampil khusus atau istimewa, pengennya selalu diperhatiin.
  2. Pink. Mengindikasikan ketenangan dan kesabaran. Dengan warna merah muda atau peach, karakter doi lebih ke arah feminim atau lemah lembut.
  3. Hitam. Warna abadi yang merepresentasikan kekuatan. Hitam adalah warna multifungsi. Ia bisa menyimbolkan keanggunan, kepandaian dan karunia. Karakter yang ditampilkan ketika seseorang memakai kaos warna hitam biasanya seksi dan elegan.
  4. Putih. Jika si doi suka berpenampilan rapi dan bersih, putih adalah warna yang cocok. Putih melambangkan kemurnian dan kesederhanaan.
  5. Biru. Warna ini adalah warna kehangatan dan kepercayaan. Nah, kalo si doi suka bingit pake kaos warna biru biasanya rasa percaya dirinya si doi gede.
  6. Kuning. Warna kuning adalah warna bunga matahari. Di balik keindahannya, kuning pun menyampaikan kesan kewaspadaan. Jenis warna ini biasanya melambangkan optimisme yang tinggi.
  7. Hijau. Warna khas yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah hijau. Warna natural. Warna daun dan sayuran segar. Hijau mewakili kesegaran, relaksasi serta ketenangan. Doi biasanya suka bingit ama ketenangan dan kenyamanan, jadi kalo kalian lagi pedekate usahakan bikin doi senyaman mungkin.
  8. Coklat. Menunjukan gaya klasik informal. Ia menyampaikan keandalan dan kepercayaan. Doi memiliki rasa kepercayaan yang tinggi terhadapa pasangannya.
  9. Abu-Abu. Menunjukkan keseimbangan dalam hidup. Ia warna yang elegan dan cerdas.
Nah, akhirnya selesai sudah artikel belajar clothing bagaimana cara mengenal karakter seseorang lewat warna kaos yang doi pakai. Semoga bermanfaat dan terus maju dunia kreatif Endonesia. *titikduabintang 

10 Tips Teknik Sablon Separasi CMYK

Belajar Clothing kali ini akan membahas mengenai teknik sablon separasi. Banyak Sobat #ClothingAddicts yang mengirimkan email dan mensyen @BelajarClothing cara tentang sablon separasi. Ada yang sudah paham langkah-langkah membuat output film untuk teknik sablon separasi? Sebelum membahas tentang sablon separasi ada baiknya kira harus memahami terlebih dahulu apa itu sablon separasi?

Sablon CMYK process color atau yang umum disebut sablon separasi merupakan proses mencetak gambar menggunakan 4 proses warna, Cyan, Magenta, Yellow, dan Black /"K" disebut key color. Film output untuk teknik sablon separasi berupa halftone ata dot-dot kecil yang ketika keempat warna ini dicetak akan menghasilkan cetakan gradasi seperti foto full warna. Proses pembuatan film output sendiri diolah menggunakan software grafis yaitu adobe photoshop.

langkah-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick-cloth


Yang perlu diperhatikan ketika akan mencetak menggunakan teknik sablon separasi yaitu resolusi gambar yang akan diolah, kesesuaian mesh/kerapatan screen, tension screen dengan setting halftone pada saat print film. Untuk media kaos/kain frekuensi lpi (line per inch) biasanya menggunakan 35 sampai dengan 55 lpi.  Nah, sudah mulai paham kan apa itu sablon separasi? Yuk kita mulai belajar clothing tentang sablon separasi, yuuuk....

Nih, langkah-langkah sablon separasi, jangan sampe kelewatan loh :
Langkah 1 : Pilih terlebih dahulu image yang akan diolah, sesuaikan image minimal dengan resolusi 300dpi (dot per inch), Caranya Image > Image size > Resolution 300 dpi
teknik-sablon-separasi-belajar-clothing

Langkah 2 : Ganti mode gambar dengan mode CMYK, caranya Image > Mode > CMYK color

mode-cmyk-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
Langkah 3 : Lalu kita ke channel kanan samping dan kita pilih channel CYAN terlebih dahulu. Lalu tekan ctrl-A > ctrl-C > ctrt-N > OK > ctrl V
copas-layer-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing

paste-layer-teknik-sablon-separasi-belajar-clothing
Langkah 4 : Kembali ke layer hasil copas channel Cyan, lalu ubah mode image menjadi bitmap, caranya Image > Mode > Bitmap, apabila ada peringatan flatten layers < OK aja ya
ganti-mode-bitmap-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 5 : Setelah flatten layers, lalu muncul kolom Bitmap. Input dan output harus sama yaitu 300 pixel dan metode use ganti dengan Halftone Screen.
input-output-harus-sama-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick

Langkah 6 : Pada kolom Halftone Screen frequency kita ganti, apabila sobat #ClothingAddicts menggunakan tinta rubber, extender, atau superwhite frequency pilihan antara 35 s/d 45, disini aa' menggunakan frequency 40 lpi dengan Angle untuk channel Cyan : 108.4 , Magenta 161.6, Yellow 90, Black 45, dan Shape kita pilih yang Round
frequency-angle-shape-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick

 Tampilan image setelah di ganti mode bitmap/raster

hasil-ganti-mode-bitmap-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick


Langkah 7 : Setelah image kita raster pada step 6 lalu copas ke layer CMYK channel cyan tadi, caranya ctrl-A > ctrl-C > ctrl-V pada channel Cyan. Image lalu diinverse (ctrl-I). Lakukan 7 langkah tadi pada masing-masing channel image.
copas-layer-bitmap-ke-channel-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 8 : Lakukan split channel, caranya paling kanan kolom channel ada tombol panah kebawah, kita klik dan pilih split channel, dengan otomatis 4 channel CMYK akan terbagi, lalu save-as dengan format .bmp.
split-empat-channel-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick

save-as-format-bmp-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 9 : Lakukan import pada Corel Draw, dimana untuk masing-masing halaman/pages sudah kita beri tanda register yang nantinya memudahkan dalam mencetak.
import-format-bmp-corel-draw-sablon-separasi-belajar-clothing-mobydick
Langkah 10 : File output untuk film sablon siap di print dan siap untuk di afdruk

Nah, mudah kan artikel belajar clothing kali ini, buat yang gak sempat teknik sablon lain bisa cek disini dan disini, semoga bermanfaat buat #ClothingAddicts dan selamat mencoba, keep creative ya...



Bagaimana Cara Mempresentasikan Clothing Line?

Dan inilah P yang terakhir dari 4P your tees yaitu presentation, jreng jreng jreng...
Pernahkan kalian mendengar kata-kata seperti ini "Kalian hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik kepada pelanggan"? Yes, itu benar. Presentasi produk kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa menjadi menguntungkan atau menghancurkan kesempatan penjualan produk. 

presentasi-produk-untuk-toko-online

Lalu, bagaimana mempresentasikan t-shirt kepada pelanggan atau calon pelanggan kalian? Nah, dalam tiga segmen sebelumnya yang telah dibahas yang membahas mengenai kemasan, percetakan, dan harga akan membentuk suatu lapisan inti dalam presentasi t-shirt

website-gratis-yukbisnis-com


WEBSITE
Salah satu tantangan penjualan secara online yaitu kita tidak bisa menyentuh, tidak bisa merasakan dan mencoba barang tersebut. Lalu pertanyaan kemudian, bagaimana kita mengubah tantangan "negatif" pelanggan atau calon pelanggan menjadi "positif"?. Ketika seorang pelanggan datang ke situs toko online kalian hal pertama yang mereka akan lakukan yaitu mencatat situs web tersebut. Dalam dua detik pertama pelanggan akan memutuskan apakah mereka bisa mempercayai toko online kalian dan memutuskan untuk membeli produk kalian. Tentu saja kuncinya yaitu membuat toko online kalian semenarik mungkin dan membuat betah orang yang mengunjungi website kalian. Untuk memiliki website pun saat ini kita tidak perlu bingung dengan keterbatasan dana. Yukbisnis.com menyediakan untuk membuat website toko online kita sendiri hanya dengan waktu kurang dari 5 menit.

FOTO YANG BERKUALITAS
Sebuah gambar bernilai seribu kata, dan ketika kalian mencoba untuk menjual produk secara online, gambar bisa menjadi salah satu faktor closing sales toko online kalian. Gambar/foto dalam situs web kalian dapat menceritakan sebuah cerita dan menciptakan brand image, jadi pastikan sebaik mungkin untuk mengambil foto produk yang akan dicantumkan di halaman website kalian.
Sedikit tips dari aa' pada saat melakukan pemotretan produk khususnya clothing kalian, lakukan pemotretan t-shirt "di alam liar" atau dalam situasi sehari-hari, fokus foto lurus pada model dan benar-benar menunjukkan detail dari t-shirt. Selain itu juga kalian juga bisa melakukan pemotretan dengan latar belakang polos (saya lebih suka putih), agar mengalihkan perhatian calon pelanggan kalian.


FUNGSI
Pastikan ketika kalian memiliki sebuah website, website kalian memudahkan calon pelanggan untuk berbelanja. Tidak sedikit toko online yang "mempersulit" calon pelanggan yang pada akhirnya closing penjualan gagal. Buatlah toko online kalian yang menawarkan solusi yang sangat sederhana dan mudah bagi calon pelanggan kalian.


Nah, selasai juga belajar clothing tentang presentasi produk dalam 4'P your tees. Semoga bermanfaat dan keep creative ya sob #ClothingAddicts. Buat sobat belajar clothing yang ketinggalan 3P sebelumnya, kalian bisa cek disini Packaging Printing Pricing