5 Tahap Pembuatan Logo Profesional

5 Tahap Pembuatan Logo

Artikel baru dari belajar clothing yaitu mengenai LOGO. Dalam pembuatan sebuah logo ada beberapa tahapan yang dilalui oleh seorang desainer grafis untuk menciptakan sebuah logo profesional. Tahapan ini harus dilalui satu demi satu untuk menghasilkan sebuah logo yang merepresentasikan dan identitas perusahaan tersebut. Mulai warna sampai dengan bentuk dari logo tersebut harus dipahami oleh seorang desainer logo profesional. Perbandingan waktu yang dibutuhkan oleh seorang desainer grafis dalam membuat logo profesional dan UKM (Usaha Kecil Milyaran) adalah 4:1 yang artinya sebuah logo profesional membutuhkan kurang lebih 1 bulan dan logo untuk UKM membutuhkan waktu 7 hari atau kurang.

5-tahap-buat-logo-belajar-clothing

Lalu, bagaimana cara seorang desainer grafis menciptakan sebuah logo profesional secara efektif dan efisien? Berikut akan aa' jelaskan 5 tahap pembuatan logo profesional :

1. Brief
Sebelum membuat sebuah logo profesional seorang desainer grafis harus memahami beberapa  informasi mengenai klien perusahaan kalian. Ada beberapa pertanyaan yang harus didapat oleh seorang desainer logo profesional, yaitu :
- Jenis perusahaan bergerak dibidang apa?
- Siapakah target pasar perusahaan tersebut?
- Bagaimana posisi perusahaan dalam pasar?
- Berapa budget yang disediakan untuk pembuatan logo tersebut?
- Berapa lama target penyelesaian pembuatan logo tersebut? 
2. Riset
Merupakan gambaran umum mengenai visualisasi konsep yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Ada 2 cara untuk melakukan riset pasar logo, yaitu dengan bertanya secara langsung kepada klien atau informan dari perusahaan dan riset melalui internet dengan mencari beberapa masukan logo dari kompetitor perusahaan tersebut. Terdapat beberapa sumber referensi yang bisa kalian gunakan sebagai pedoman dalam pembuatan logo, yaitu :
- Logopond
- Logofaves
- Logospire
- Creatticca
- LogoInspirations 

3. Membuat konsep
Konsep yang ditawarkan oleh beberapa desainer grafis pada umumnya berbeda-beda. Pembuatan logo profesional pada umumnya dimulai dari sketsa tangan yang kemudian diolah dan difinishing pada software atau aplikasi grafis secara digital. Proses ini harus membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena kreatifitas desainer akan diuji dalam pembuatan sketsa tersebut. Untuk mempersingkat waktu pembuatan logo, seorang desainer akan mendiskusikan beberapa hal kepada klien yang meliputi :
- Referensi logo yang disukai
- Memberikan pertanyaan arahan mengenai perubahan logo
- Memberikan 1-2 logo alternatif dengan konsep yang jelas atau berbeda

4. Analisa logo
Sebelum mempresentasikan logo profesional, seorang desainer logo akan menganalisa terlebih dahulu mengenai hasil karya logo tersebut. Desainer grafis juga manusia, hasil karyanya juga ada sisi kekurangan. Feedback dan review sangat penting diperlukan untuk mengukur kesesuaian antara hasil logo dan harapan klien. Selalu terbuka terhadap perubahan dan sesekali mendengar saran dari klien jika diperlukan 

5. Presentasi
Tahap terakhir yaitu mempresentasikan hasil pembuatan logo. Ada beberapa pertimbangan sebelum mempresentasikan logo, yaitu :
- Penjelasan mengenai konsep dasar logo
- Gunakan beberapa mock-up untuk memvisualisasikan logo misal : flyer, t-shirt, goodie bag, dan sebagainya

Demikian 5 tahapan yang perlu diperhatikan ketika kita akan membuat logo profesional, kelima tahapan diatas bisa dipergunakan sebagai dasar standar proses pembuatan logo. Hal yang terpenting yaitu dalam proses tersebut tidak ada salah satu pihak yang dirugikan, karena jasa pembuatan logo desain grafis lebih bersifat win-win-solution. Silahkan membuka artikel berikut untuk mengetahui trend logo tahun 2014. Semoga artikel belajar clothing diatas bisa bermanfaat dan semoga membantu.



Artikel Terkait

5 Tahap Pembuatan Logo Profesional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email