Mengenal Berbagai Jenis Material Clothing

Belajar clothing kali ini akan membahas beberapa jenis material kain yang sering digunakan pada distro. Pada dasarnya adalah jenis kain rajut (knitting) dengan bahan dasar kapas. Kapas sendiri memiliki keunggulan dalam segi kenyamanan ketika dipakai karena kapas merupakan salah satu bahan baku pembuatan kain yang memiliki karakteristik menyerap keringan serta mudah dalam proses pewarnaan. Proses terbentuknya kain diperoleh dengan cara merajut sehelai benang sehingga terbentuk jeratan (loops). Jenis bahan kain yang terbuat dari kapas memiliki berbagai macam, salah satunya cotton combed.

  • T-Shirt. Jenis bahan kain ini sering dipakai dalam industri clothing karena serat benang lebih halus, hasil rajutan dan penampilan lebih rata 
 bahan-kaos-cotton-combed 
  • Polo-Shirt. Jenis material kain ini sering dipakai dalm pembuatan polo-shirt. Bahan lacoste termasuk pada jenis rajutan jarum texture dan pemakaiannya tidak bisa dibolak-balik. Sebagian pemain clothing biasa menyebutnya pique atau cuti.
bahan-lacoste-untuk-polo-shirt

  • Fleece. Karateristik jenis bahan ini bagian dalam biasanya berbulu, dengan ketebalan bahan tertentu. Penggunaan bahan jenis flecee ini biasa dipakai untuk model jaket hoodie, varsity, dan lain sebagainya. Jenis lain yang hampir sama dengan fleece yaitu terry. Permukaan bahan jaket ini hampir sama dengan fleece, yang membedakan dibagian dalam bahan. Jenis bahan terry bagian dalamnya menyerupai handuk dan ketebalan bahan lebih tipis dari bahan jenis fleece.
bahan-fleece-untuk-hoodie

Ada berbagai macam jenis bahan yang dipakai pada industri kreatif clothing, silahkan kalian cek kedua artikel ini satu dan dua. Semoga artikel  belajar clothing ini menambah informasi dan manfaat, keep creative sobat #ClothingAddicts.


Artikel Terkait

Mengenal Berbagai Jenis Material Clothing
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email