3 Cara Teknik Sablon Flocking

Teknik sablon flocking atau lebih dikenal dengan nama teknik sablon beludru, aa' belajar clothing tertarik membahas mengenai teknik ini karena memiliki kharakteristik pada texture yang dihasilkan. Teknik sablon flocking memiliki kharakteristik menutup pori-pori kain dan timbul pada permukaan media yang di sablon.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses teknik sablon flocking atau beludru ini, antara lain :
  • Ketebalan lem. Apabila lem diaplikasikan terlalu tebal maka lem tersebut tidak mudah kering dan lem akan “memakan” serbuk flocking
  • Pengaturan suhu pengeringan. Apabila terlalu panas akan menyebabkan hasil flocking menjadi kaku, dan sebaliknya apabila kurang panas akan menyebabkan flock akan mudah rontok atau terkelupas pada saat dicuci.
  • Gunakan masker untuk melindungi hidung agar serbuk flocking tidak terhirup.
 teknik-sablon-flocking-beludru

Ada beberapa jenis bentuk dari flocking itu sendiri yaitu:
  1. Serbuk. Aplikasi teknik sablon flocking serbuk yaitu terlebih dahulu bentangkan kain yang akan disablon menggunakan teknik flocking, lalu cetak gambar menggunakan lem khusus flocking atau beludru diatas kain tersebut menggunakan screen yang sudah dipersiapkan.Taburkan serbuk flocking diatas gambar yang sudah dicetak sebelumnya dan bersihkan serbuk yang jatuh diluar area gambar. Keringkan dan hilangkan serbuk flocking, gambarpun terbentuk.
  2. Kertas flocking. Caranya bentangkan kain yang akan disablon menggunakan teknik flocking. Cetak gambar menggunakan lem khusus diatas kain tersebut menggunakan screen yang sudah dipersiapkan. Tempel kertas flocking diatas cetakan lem tadi lalu press menggunakan mesin press dengan suhu 165 derajat dengan waktu kurang lebih 15 detik
  3. Transfer flocking. Caranya yaitu bentangkan kain yang akan disablon menggunakan teknik ini yaitu potong lembaran flocking menggunakan mesin cutting sticker sesuai dengan gambar yang diharapkan dan buang bagian flocking yang tidak diperlukan. dan terakhir press menggunakan mesin press dengan suhu 165 derajat dengan waktu kurang lebih 15 detik 
Perawatan kaos dengan sablon flock atau beludru cukup dicuci hingga suhu 60 derajat celcius, hindari penyikatan terhadap area beludru saat pencucian. Pada saat proses penyetrikaan kaos bisa dilipat atau disetrika terbalik. Pada proses pencucian ada kemungkinan beludru akan menarik bulu-bulu lembut (menempel pada beludru), untuk menghilangkannya cukup dengan mengangkatnya dengan silotip.

Demikian tutorial belajar clothing teknik sablon flocking atau beludru dari aa', tutorial teknik sablon lain bisa kalian klik teknik sablon glow in the dark dan teknik sablon separasi, semoga bermanfaat untuk yang sedang belajar clothing , selamat mencoba, dan keep creative #ClothingAddicts.

Artikel Terkait

3 Cara Teknik Sablon Flocking
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email