Jenis Bahan Cotton

Jenis cotton itu ada 3, tapi yg umum dipakai di lokal itu: combed & carded. Combed di buat lebih halus dibanding carded yang masih suka ada biji kapasnya [mesinnya produksinya pun beda]. Makanya combed lebih mahal daripada carded.

Ukuran benang cotton yang umum di lokal: 20’s, 30’s, 40’s. [dari kiri - kanan = ukuran paling besar - kecil].
Untuk ketebalan kain kaos dengan benang yg ukurannya sama, ada beberapa macem yg bisa mempengaruhi.
1. setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutnya. Kaon dengan benang 20’s biasanya 190-200 gr/m2. Tapi kalo mo dibikin lebih tipis sampe 170-180 gr/m2 juga bisa, tergantung mesinnya.

2. Kain di paksa ditarik selebar mungkin sehingga kain jadi tipis. Kejelekannya: shrinkage kain jadi jelek sekali (>10%) alias bisa jadi ciut. Ini salah satu alasan kenapa kain dari Cina bisa murah [harga no.1, qualitas no.2], kalau yang belum tahu.

Untuk kaos distro sih umumnya pake 20’s. Kalo 30’s & 40’s hanya untuk item tertentu yang kami tahu karena secara harga lebih mahal & hanya beberapa spinning mills di indo yg produksi [karena pabrik di Indonesia mass production minded].

Biasanya yg gua tao kain yg di mercerized handlingnya lbh kaku, warna lbh terang karena dgn proses merk kotoran kain (termasuk bulu) dibuang, benang jd lbh menggelembung krn treatment alkali. Minusnya: kain lebih kaku dibanding non-merk.

Untuk kain non-merk biasanya lbh berbulu, tp handling lbh lembut. Gua pribadi lbh suka bahan cotton non-merk utk dipakai. Utk beberapa permintaan, kain cotton non-merk ada proses tambahan utk menghilangkan bulunya: bakar bulu (singeing). Hasilnya penampakan kain lebih mengkilap tapi tidak semengkilap kain yg merk.

Trus ada yg bilang kalo cotton itu panas. Menurut kami itu salah besar. Cotton adalah salah satu yarn yang paling dingin & enak dipake selain rayon untuk benang yg bahan bakunya dari alam.

Kalo gua nebak sih kyknya itu tergantung kontruksi kainnya. Kain kaos biasanya single jersey. Ada jg yg double jersey [lebih tebal dibanding single jersey]. Kayaknya yang dipakai itu double jersey, twrus dilokasi yang panas, pasti lah.


Artikel Terkait

Jenis Bahan Cotton
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email